Blog

Trisna 8 Mar, 2023

APA FORMAT IKLAN REKLAME TERBAIK UNTUK INDUSTRI KAMU?

Dilansir dari laman Forbes yang terbit 13 Februari 2023, Gino Sesto pendiri DASH TWO – agen media buying di Los Angeles spesialis iklan reklame luar rumah & digital membahas lebih dalam mengenai hal ini.

Iklan reklame menawarkan begitu banyak pilihan format. Namun ini bisa menjadi bumerang dari calon pengiklan. Bagaimana cara mengetahui jenis iklan apa yang terbaik untuk pengiklan?

DASH TWO telah melakukan riset selama beberapa waktu dan mengembangkan beberapa panduan yang dapat membantu Kamu menentukan format reklame yang akan dipilih untuk industri Kamu.

MEMUTUSKAN FORMAT IKLAN REKLAME YANG TEPAT

Dalam menentukan jenis reklame yang tepat, artinya Kamu harus melihat enam faktor berikut.

Harga: Formatnya harus sesuai dengan anggaran Kamu. Bekerja sama dengan agensi yang selalu membeli dari vendor dapat membantu Kamu mendapatkan harga yang optimal. Beberapa format memerlukan investasi yang lebih besar, tetapi sebagian besar lebih murah daripada media tradisional lainnya.

Lead time: Apakah Kamu memiliki waktu empat hari, empat minggu atau empat bulan untuk mempromosikan produk Kamu? Jawabannya akan membantu menentukan format terbaik. Kadang, Kamu bisa mendapatkan penawaran terbaik dengan waktu pekerajaan yang cepat, tetapi Kamu mungkin juga harus membayar lebih untuk mendapatkan sesuatu dengan cepat.

Durasi: Jika Kamu ingin memusatkan perhatian audiens terhadap momen obral di liburan akhir pekan, maka Kamu memiliki kerangka waktu terbatas untuk iklan Kamu dan mungkin hanya memerlukan penempatan satu atau dua minggu. Namun jika Kamu mempromosikan lokasi atau produk baru, iklan Kamu dapat bertahan selama berbulan-bulan untuk meningkatkan kesadaran, dan Kamu dapat memilih format dengan potensi jangka panjang

Lokasi: Seperti membeli property, lokasi punya peran besar dalam hal reklame. Tentunya Kamu ingin terhubung dengan demografis yang tepat untuk menjual produk. Misalnya, jika produk Kamu menargetkan wanita berusia 18-24 tahun, maka lokasi yang lebih baik untuk iklan Kamu adalah di dekat Lululemon atau Sephora daripada di dekat sekolah dasar.

Demografi target: Apakah audiens yang ingin Kamu jangkau lebih cenderung mengemudi, naik kendaraan umum, atau berjalan kaki ke tempat kerja? Jawabannya sangat membantu dalam mengidentifikasi format yang tepat. Berinvestasi dalam iklan transit tidak masuk akal jika Kamu menargetkan orang yang bepergian dengan mengemudi.

Sasaran: Sebagian besar kampanye iklan berfokus pada branding atau ajakan bertindak. Format yang berbeda lebih efektif dalam menyampaikan pesan-pesan ini. Misalnya, jika Kamu memiliki kode QR yang dapat dipindai orang untuk mendapatkan botol parfum gratis di toko terbaru Kamu, jenis reklame wild posting mungkin merupakan media pengiriman yang lebih baik daripada iklan transit.

FORMAT IKLAN REKLAME YANG EFEKTIF BERDASARKAN INDUSTRI

Enam faktor tadi akan menentukan format mana yang harus Kamu pilih. Bagaimana jika dilihat dari sisi industri? Gino Sesto menggunakan rumus untuk menghasilkan campuran OOH yang ideal untuk beberapa industri paling populer di Los Angeles, tempat DASH TWO berada.

IKLAN REKLAME UNTUK INDUSTRI FASHION

Industri fashion adalah tentang visual. Gambar tidak hanya menjual pakaian tetapi juga aspek fashion yang aspiratif, jadi Kamu menginginkan media yang dapat memamerkan warna yang memukau dan kolaborasi yang berani.

Format terbaik: Wild posting.

Mengapa: Fashion adalah magnet bagi semua orang. Poster yang muncul selevel mata menarik perhatian audiens, memberi mereka sensasi berada dalam barikade dinding pameran. Kamu dapat menjangkau audiens luas di jalan, dan orang-orang yang tertarik dengan mode merupakan demografis yang luas..


Format Iklan Reklame Wild Posting. Sumber: onmediagroup

IKLAN REKLAME UNTUK INDUSTRI MUSIK: ALBUM

Musik adalah kategori besar untuk iklan reklame karena dapat menjangkau banyak orang. Untuk album, jenis musik juga membuat perbedaan dalam penargetan.

Format terbaik: Wild posting dan reklame statis (billboard).

Mengapa: Untuk menjangkau banyak orang yang agar album yang dipromosikan nge-hits, memaksimalkan jangkauan dan frekuensi adalah cara terbaik. Wild posting dapat memperkuat pesan yang pertama kali dilihat orang di papan reklame, memberi setiap media cara untuk mengangkat yang lain. Kamu dapat menggunakan materi iklan serupa untuk merek band atau artis, yang membantu mengingat.

IKLAN REKLAME UNTUK INDUSTRI MUSIK: KONSER

Konser dapat menargetkan demografi yang sama dengan pecinta album, tetapi pesannya akan berbeda karena mempromosikan acara satu kali versus produk. Format yang dapat memberikan update langsung dan informasi terkini akan berfungsi paling baik untuk konser.

Format terbaik: Reklame digital / layar videotron.

Mengapa: Reklame digital menyediakan cara mudah untuk memperbarui tanggal konser serta informasi penjualan—misalnya, jika konser terjual habis, Kamu dapat dengan mudah menghapusnya dari iklan.


Format Iklan Reklame Videotron. Sumber: Dokumentasi EYE Lokasi Pasir Kaliki Bandung

IKLAN REKLAME UNTUK INDUSTRI FILM

Imbas dari lesunya dunia film akibat pandemi, para produsen film sangat ingin melibatkan kembali penggemar film dan menggiring mereka ke bioskop.

Format terbaik: Reklame statis / billboard.

Mengapa: Peluang kreatif yang diberikan oleh reklame statis terus menghasilkan banyak uang dalam periklanan. Dan studio menginginkan prestise dan pengakuan dalam mempromosikan film.

IKLAN REKLAME UNTUK INDUSTRI PENGACARA

Pengacara tidak menjual layanan yang glamor, tetapi layanan mereka diperlukan. Hampir setiap orang membutuhkan bantuan hukum di beberapa titik, jadi media dengan titik harga yang relatif rendah yang menjangkau orang-orang dari semua tingkat demografis, termasuk berpenghasilan rendah, paling masuk akal.

Format terbaik: Bangku bus dan iklan transit.

Mengapa: Terlihat di seluruh kota, iklan transit dan bangku bus menjangkau banyak orang, termasuk komuter, dan Kamu dapat menargetkan mereka menurut wilayah demografis atau geografis, bergantung pada spesialisasi atau audiens target Kamu.


  Facebook   Twitter   LinkedIn   WhatsApp



KEMBANGKAN BISNIS YANG SEHAT

Melalui Kolaborasi Dengan Eye Indonesia

Beriklan Sekarang