Blog

Sekar Arum 22 Agustus, 2023

5 CARA UNTUK MENCIPTAKAN KOLABORASI SINERGIS ANTARA IKLAN LUAR RUANG DAN PEMASARAN DIGITAL YANG EFEKTIF

Dalam strategi pemasaran, iklan luar ruang dan pemasaran digital telah lama eksis sebagai dua elemen yang sangat penting. Akan tetapi, di masa sekarang ini perhatian konsumen sering kali terpecah, sehingga kolaborasi yang sinergis antara iklan luar ruang dan pemasaran digital kian dibutuhkan sebagai respon untuk beradaptasi dengan teknologi yang semakin maju. Nah, berikut ini adalah cara untuk menciptakan kolaborasi sinergis antara iklan luar ruang dan pemasaran digital yang efektif dan menghasilkan dampak signifikan untuk mencapai tujuan pemasaran.

1. Memperluas Jangkauan dan Dampak

Hal pertama yang dapat dilakukan tentunya adalah memperluas jangkauan dan dampak yang didukung dengan adanya riset terlebih dahulu. Dalam hal ini, perlu diketahui apa jenis iklan luar ruang yang cocok dengan industri kamu. Baca selengkapnya mengenai format iklan reklame dengan klik tautan berikut.

Setelah mengetahui apa jenis iklan luar ruang yang cocok dengan industri kamu, maka langkah selanjutnya adalah melakukan riset terhadap tren digital marketing saat ini. Riset tersebut berguna untuk memberikan informasi sejauh mana audiens yang telah berinteraksi dengan industri kamu. Baik iklan luar ruang maupun digital marketing, keduanya perlu memiliki data demografi dan lokasi, sehingga tujuan pemasaran dapat dicapai dengan tepat sasaran.

2. Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan

Peningkatan interaksi dan keterlibatan audiens dapat dicapai dengan penyajian QR Code, kode pendek, maupun teknologi Augmented Reality (AR) pada iklan luar ruang. Sedangkan, peningkatan interaksi dan keterlibatan audiens melalui digital marketing dapat dicapai dengan efisiensi media sosial, kampanye email, dan situs web. Jika porsi interaksi antara iklan luar ruang dan digital marketing hampir sama atau bahkan sama persis, maka kesempatan untuk tercapainya tujuan pemasaran pun akan semakin besar.

3. Penggunaan Data untuk Peningkatan Targeting

Data mengenai lokasi dan demografi dari iklan luar ruang sejatinya memiliki manfaat yang sangat besar untuk meningkatkan targeting kampanye secara digital. Setelah data lokasi dan demografi yang paling strategis untuk peningkatan targeting berhasil dianalisis dengan baik, maka hal tersebut akan memberikan spesifikasi target yang lebih jelas saat kampanye digital. Hasil data dari kampanye digital ini nantinya dapat memberikan informasi mengenai preferensi dan perilaku konsumen.

4. Memanfaatkan Momental Marketing

Pada momen-momen tertentu, iklan luar ruang dapat digunakan untuk merespon peristiwa atau tren saat ini secara cepat, sedangkan digital marketing memungkinkan adanya keterlibatan audiens dalam interaksi secara langsung di media sosial. Kedua hal ini dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap tujuan pemasaran, meskipun pada prosesnya biasanya dilakukan secara cepat untuk mengejar momen yang sedang hangat tersebut. Eits, meskipun terlihat instan dan mudah, pemanfaatan momental marketing ini cenderung lebih tricky, karena perlu interaksi yang lebih alami dan otentik. Oleh sebab itu, diperlukan adanya penggunaan pendekatan dari kalimat atau desain yang lebih eye catching.

5. Membangun Kampanye Terintegrasi

Iklan luar ruang saat ini seharusnya tak hanya memaparkan kalimat-kalimat promosi atau pengenalan suatu produk, tetapi juga harus memperhatikan adanya input media sosial. Hal ini perlu dilakukan agar audiens dapat menilik lebih lanjut mengenai suatu produk di media sosial ataupun website yang terkait. Seperti yang kita ketahui, biasanya iklan luar ruang memiliki durasi yang tidak terlalu panjang, sehingga informasi tambahan terkait lintas media yang digunakan sebagai sarana promosi pun perlu diberi perhatian. Dengan adanya kampanye yang terintegrasi antara iklan luar ruang dan digital marketing ini, diharapkan tujuan pemasaran dapat tercapai dengan baik.

Nah, itu dia lima cara untuk menciptakan kolaborasi yang sinergis antara iklan luar ruang dan pemasaran digital yang efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kolaborasi antara iklan luar ruang dan pemasaran digital memberikan kesempatan untuk menciptakan dampak yang lebih besar dalam pemasaran saat ini. Menggabungkan kekuatan visual dan interaktif iklan luar ruang dengan cakupan global dan analitik pemasaran digital dapat menciptakan kampanye yang lebih terhubung, relevan, dan efektif. Dengan memanfaatkan sinergi ini, suatu merek dapat menghadirkan pesan yang kuat kepada konsumen.


  Facebook   Twitter   LinkedIn   WhatsApp



KEMBANGKAN BISNIS YANG SEHAT

Melalui Kolaborasi Dengan Eye Indonesia

Beriklan Sekarang